KISI-KISI PENULISAN SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2012 – 2013
PKN KELS 8
No urut
|
Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Sub materi
|
Indikator Soal
|
1
|
Menampilkan prilaku
yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila
|
o Dasar dan ideologi negara Indonesia
|
|
|
1. Menjelaskan pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara
2. Menguraikan nilai-nilai pancasila sebagai dasar negara dan ideologi
negara
3. Menunjukkan sikap positif terhadap pancasila dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara
4. Menampilkan sikap positif terhadap pancasila dalam kehidupan
bermasyarakat
|
o Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia
o Pancasila sbagai ideologi bangsa Indonesia
o Nilai-nilai pancasila
o Sikap hidup berbangsa dan bedasarkan pancasila
o Upaya mempertahankan idologi pancasila
|
o Dapat Mengartikan arti ideologi dilihat dari bahasanya
o Dapat Mengidentifikasi rumusan pancasila yang sah menurut kosntitusi
o Dapat Mengidentifikasi maksud dari sistimatika/hirarkis sila-sila dalam
pancasila
o Dapat Mengidentifikasi alasan bangsa Indonesia menggunakan ideologi
Pancasila
o Dapat Mengidentifikasi sikap-sikap yang bertentangan dengan pancasila
o Dapat Menyebutkan hari lahirnya dan rumusan pancasila yang pertama
o Dapat Mengidentifikasi siapa-siapa yang merumuskan pancasila
o Dapat Mengidentifikasi siapa yang memberi saran pemberian nama pacasila
o Dapat Mengidentifikasi penggagas faham integralistik pada sidang BPUPKI I
o Dapat Menyebutkan tanggal penetapan pancasila sebagai dasar negara
o Dapat Mengidentifikasi pemimpin sidang penetapan pancasila sebagai dasar
negara
o Dapat Mengidentifikasi fungsi ideologi bagi bangsa Indonesia
o Dapat Mengidentifikasi alasan penghapusan 7 kata sila pertama dalam
Piagam Jakarta
o Dapat Mengidentifikasi pancasila sebagai satu-satunya asas
o Dapat Menyebutkan bentuk peran serta rakyat dalam menentukan masa depan
pemerintahan
o Dapat Mengidentifikasi makna pemilihan umum bagi negara demokrasi
o Dapat Mengidentifikasi Tujuan pemilihan umum yang ditentukan dalam undang-undang yang
belaku
o Dapat Mengidentifikasi tentang fungsi pancasila bagi bangsa Indonesia
o Dapat Mengidentifikasi Pancasila sebagai ciri khas dari bangsa Indonesia
membedakan dengan bangsa lain
o Dapat Mengidentifikasi Ideologi suatu bangsa akan menentukan arah dan
tujuan negara yang dapat dilihat dari teori kedaulatan yang dianutnya
o Dapat Mengidentifikasi keharusan melaksanakan nilai-nilai yang terkandung
dalam sila Pancasila sebagai dasar negara
o Dapat Mengidentifikasi bukti bahwa Pancasila sebagai ideologi nasional
dan merupakan kristalisasi dari nilai luhur budaya bangsa
o Dapat Mengidentifikasi wujud Kesadaran kita dalam melaksanakan ideologi
Pancasila dalam bidang hokum
|
|
Memahami berbagai
konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia
|
o Konstitusi di Indonesia
|
o
|
|
1.
Menjelaskan berbagai konstitusi yang pernah berlaku di
Indonesia
2.
Menganalisa penyimpangan-pentimpangan terhadap
konstitusi yang berlaku di Indonesia
3.
Menunjukkan hasil-hasil amandemen UUD 1945
4.
Menampilkan sikpa positif terhadap pelaksanaan UUD 1945
hasil amandemen
|
o Konstitusi
o Penyimpangan terhadap konstitusi di Indonesia
o Amandemen UUD 1945
o Hasil amandemen
|
o Dapat Menjelaskan arti konstitusi secara sederhana
o Dapat Menganalisa salah satu sifat UUD 1945 yang tertuang dalam pasal 37
o Dapat Mengidentifikasi syarat perubahan UUD 1945 dalam pasal-pasalnya
o Dapat Menyebutkan salah satu prinsip negara Indonesia yang tercantum
dalam UUD 1945
o Dapat mengidentifikasi tujuan gerara dalam pembukaan UUUD 1945
o Dapat Menyebutkan maksud amandemen menurut pendapat Sri Soemantri
o Dapat Menyebutkan wewenang dan kekusaan MPR yang tercantum dalam UUD 1945
o Dapat Menyebutkan susunan anggota MPR hasil pemilu tahun 2009
o Dapat Mengidentifikasi pencantuman prinsip negara kita adalah negara yang
merdeka dan berdaulat
o Dapat Mengidentifikasi prinsip kedaulatan yang dianut oleh bangsa
Indonesia
o Dapat Mengidentifikasi sistem pemerintahan yang dianut oleh negara
Indonesia menurut UUD 1945
o Dapat Mengidentifikasi perubahan bentuk negara setelah Konfrensi Meja
Bundar
o Dapat Mengidentifikasi salah satu dampak negatif dari pelaksanaan UUDS
bagi kehidpan bangsa Indonesia
o Dapat Menyebutkan isi dari dikrit presiden 5 Juli 1959
o Dapat Menyebutkan ciri sistem pemerintahan parlementer
|
|
5.
Menampilkan ketaatan terhadap perundang-undangan
nasional
|
o
Bab 3
o
Perundang-Undangan Nasional
|
o
|
|
1.
Mengidentifikasi tata urutan peraturan
perundang-undangan nasional
2.
Mendeskripsikan proses pembuatan peraturan
perundang-undangan nasional
3.
Mentaati peraturan perundang-undangan nasional
4.
Mengidentifikasi kasus korupsi dan upaya pemberantasan
korupsi di Indonesia
5.
Mendeskripsikan pengertian anti korupsi dan instrumen
(hukum dan kelembagaan) anti korupsi di Indonesia
|
o Tata Urutan Perundang-Undangan Nasional
o Proses Pembuatan Peraturan
o Perundang-Undangan Nasional
o Pihak-Pihak yang Terlibat dalam
o Proses Pembuatan Perundang-Undangan
o Menaati Peraturan Perundang-Undangan Nasional
o
Pemberantasan Korupsi
di Indonesia
o
Antikorupsi dan Instrumen Antikorupsi di Indonesia
|
o Dapat Menyebutkan bahwa MPR adalah lembaga pemegang kedaulatan negara
o Dapat Menyebutkan salah satu wewenang MPR yang tercantum dalam UUD 1945
o Dapat Mengidentifikasi pentingnya pelaksanaan sidang Istimewa oleh MPR
o Dapat Mengidentifikasi bentuk negera yang tercantum dalam pasal 1 ayat 1
UUD 1945
o Dapat Mengidentifikasi lembaga yang mempunyai hak menguji UU
o Dapat Mengidentifikasi peran serta siswa dalam kehidupan bermasyarakat
yang sesuai dengan UUD 1945
o Dapat Menjelaskan alur tanggung jawab para menteri negara dalam
menjalankan tugasnya
o Dapat menyebutkan berapa kali lembaga MPR mengadakan amandemen terhadap
UUD 1945
o Dapat menyebutkan salah satu unsur tindak pidana korupsi
o Dapat mengidentifikasi LSM yang mempunyai kepedulian terhadap tindak
pidana korupsi di Indonesia
o Dapat mengidentifikasi lembaga pemerintah yang bertugas memberantas
korupsi
o Dapat menganalisa kasus korupsi yang menyebar di seluruh aspek kehidupan
terutama dalam pemerintahan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar